perbedaan "HTTP" dan "FTP"

Kata HTTP tentu tidak asing lagi bagi Anda, karena hampir semua situs yang Anda akses diawali dengan kata ini. Namun apa sebenarnya HTTP itu, dan apa bedanya dengan FTP?
HTTP yang merupakan singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol, adalah protokol yang digunakan untuk mentransfer file atau data dari web server ke browser di komputer Anda. Jadi ketika Anda mengakses sebuah website seperti www.cbn.net.id, maka browser Anda akan meminta “kiriman” data dari web server CBN, lalu data tersebut ditransfer melalui protokol HTTP ke komputer Anda. Hasilnya adalah tampilan seperti yang biasa Anda lihat ketika mengakses situs web CBN.
FTP, di sisi lain, sebenarnya merupakan protokol yang fungsinya hampir sama dengan HTTP, karena keduanya berfungsi untuk mentransfer data dari suatu server ke komputer Anda. FTP yang merupakan singkatan dari File Transfer Protocol, adalah protokol yang digunakan untuk meng-upload file dari komputer client tertentu ke sebuah FTP server atau untuk men-download file-file dari FTP server ke komputer client tertentu. (Penjelasan tentang upload, download, server, client dan sebagainya, dapat Anda temukan pada artikel Bagaimana Meng-online-kan Situs Anda? di CyberTech CBN). FTP merupakan media pertukaran data antara satu komputer dengan komputer lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan.
Perbedaan antara HTTP dengan FTP terletak pada hasil transfer data. Pada HTTP, data atau content dari web server dikirim ke komputer Anda melalui browser seperti Internet Explorer atau Netscape, hanya untuk ditampilkan saja. Sementara pada FTP, yang terjadi adalah proses copy seperti halnya ketika Anda menyalin sebuah file dari satu folder ke folder lain di komputer Anda. Sebagai gambaran yang paling dekat adalah ketika Anda men-download file-file MP3 dari situs musik tertentu. File-file ini disalin ke komputer Anda, sementara file aslinya tetap utuh tersimpan di server situs musik tersebut.
Ketika di browser Anda tertulis protokol HTTP, maka komputer Anda sedang terhubung ke sebuah web server. Contohnya, ketika Anda melihat tulisan “http://www.cbn.net.id” di kotak Address pada browser Anda, maka Anda sedang terhubung ke web server CBN. Sementara jika yang tertulis di isian Address tersebut adalah “ftp://ftp.cbn.net.id”, maka komputer Anda sedang terhubung ke FTP server CBN.
Jika Anda mengelola sebuah website, biasanya Anda akan diberi sebuah FTP account yang terdiri dari username dan password yang bersifat rahasia. Melalui account inilah Anda dapat mengakses FTP server dan meng-upload file-file ke sana. FTP server yang dilindungi dengan password seperti ini disebut private FTP server, di mana hanya orang tertentu yang dapat mengaksesnya. Sementara itu terdapat pula public FTP server seperti ftp.cbn.net.id yang tidak dilindungi password sehingga dapat diakses oleh siapa saja dan dari mana saja.
Demikian sekelumit penjelasan mengenai Hyper Text Transfer Protocol dan File Transfer Protocol, semoga penjelasan ini dapat memperluas wawasan Anda.


Pages

Silahkan tinggalkan komentar anda pada blog ini, komentar anda akan membuat kami menjadi lebih baik lagi.

KHARISMA SELLER

KHARISMA SELLER


THE SAFE FOR ONLINE SALES

follow me

follow me on twitter


Just For Fun !!!

About This Blog

Add to Google Reader or Homepage

About Me

Foto saya
I am a website author, musician, and the young enterpreneur. I wanna be a great boy for my Allah and my lovely parents.

Followers

Web hosting for webmasters